Jumat, 25 Januari 2013

Tugas MSDM 20 Soal


NAMA            :     SAIROH                                                                                                           KELAS         :               2 –EA27
NPM               :     16211557                                                                     MATA KULIAH      :  MANAJEMEN SDM
 

1.        Mengapa MSDM semakin penting padahal alat-alat canggih semakin banyak?
Jawab : Secanggih apapun teknologinya, mesin tersebut tetap saja tidak dapat berfungsi tanpa adanya campur tangan manusia.sumber daya manusia sangat penting karena untuk mengoperasikan teknologi tersebut manusia harus memiliki keahlian dan ketrampilan dan juga logika dan mesin deroperasi mengikuti intruksi dari manusia.

2.        Kenapa istilah MSDM lebih populer daripada manajemen personalia?
Jawab : Manajemen sumber daya manusia lebih menekankan strategi dan perencanaan , Manajemen sumber daya manusia mempunyai strategic dan terintegrasi dengan semua kebijakan bisnis perusahaan. Manajemen sumber daya manusia merangkul semua personalia manajerial (khususnya manajer umum).

3.        Mengapa waskat sangat berperan dalam mewujudkan tujuan ?
Jawab : Waskat adalah tindakan nyata dan efisien dalam mencegah/mengetahui kesalahan, membetulkan kesalahan, memelihara kedisiplinan, meningkatkan prestasi kerja, mengaktifkan peran atasan dan bawahan, menggali sistem-sistem kerja yang paling efektif serta menciptakan sistem internal kontrol yang terbaik.

4.        Berikan beberapa alasan kenapa karyawan didalam kota besar alat-alat motivasinya lebih        banyak dari karyawan dikota kecil ?
Jawab : Karyawan di dalam kota besar mempunyai
1) Kuantitas yaitu jumlah yang harus diselesaikan(deadline)
2) Kualitas yaitu mutu yang dihasilkan(harus bersaing dengan perusahaan lain)
3) Ketepatan waktu yaitu sesuai atau tidaknya dengan waktu yang telah direncanakan.
4) Pengetahuan dan Pengalaman karena di kota2 besar biasanya banyak fasilitas yang mendukung untuk lebih bisa mengeksplore kemampuan manisia.

5.        Apa saja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dengan insentif?
Jawab : Persamaan è pemberian motivasi dengan insentif sama sama mendorong pegawai untuk bekerja secara optimal dan penuh tanggung jawab sesuai kemampuan.
Perbedaannya è pemberian motivasi sebatas dengan memberikan suatu gagasan yang mampu mendorong kinerja dari pegawai tersebut, sedangkan  insentif yang ditunjang dengan pemberian uang lebih untuk mendorong semangat kerja yang optimal dari pegawai.

6.        Apa persamaan dan perbedaan pemberian insentif dengan benefit ?
Jawab : Dilihat dari segi pemberiannya insentif dengan benefit berbeda karena insentif merupakan kompensasi langsung , sedangkan merupakan kompensasi tidak langsung. Persamaannya è insentif dengan benefit sama-sama merupakan pengeluaran perusahaan yang ditujukan untuk pegawai,
Perbedaannya è insentif berkaitan langsung dengan prestasi kerja sedangkan benefit tidak.

7.        Dimana letak perbedaan pemberian motivasi dengan benefit ?
Jawab : Pemberian motivasi diberikan secara langsung untuk pegawai dalam bentuk gagasan atau kalimat-kalimat pendorong semangat kinerja pegawai, sedangkan benefit pemberiannya dengan obyek yang berbentuk uang.

8.        Apa sasaran pemberian insentif bagi karyawan ?
Jawab : Sasarannya adalah :
a.       Meningkatkan Standar prestasi  yang dapat diukur secara kuantitatif.
b.      Meningkatkan Standar prestasi di atas dapat digunakan sebagai dasar pemberian balas jasa yang diukur dalam bentuk uang.
c.       Meningkatkan kinerja karyawan agar bekerja dengan kinerja kerja

9.        Jelaskan perbedaan antara MSDM dengan Manajemen personalia ?
Jawab : Fokus perhatian manajemen personalia adalah komplek kepada setiap individu ata u perorangan yang bekerja pada sebuah organisasi. sedangkan manajemen sumber daya manusia lebih menyeluruh atau dalam ruang lingkup yang lebih luas lagi dengan  merencanakan, meningkatkan kualitas, memelihara, dan mengembangkan serta menyalurkan kemampuan yang dimiliki sesuai bidangnya.

10.    Mengapa pengadaan (procurement) adalah hal yang penting dan sulit ?
Jawab : Pengadaan sangat diperlukan sekali apabila karyawan atau tenaga kerja dapat di gantikan oleh karyawan baru yang berkompeten, juga pemikiran baru dari perusahaan untuk lebih maju dan disiplin agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.
Pengadaan karyawan sangat sulit dan rumit diakibatkan oleh keinginan perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan berkompeten sesuai dengan keahliannya.

11.    Kenapa masalah pengadaan dapat dikatakan merupakan cermin utama keberhasilan    MSDM, berikan alasannya ?
Jawab :  Saat  rekruitment terjadi (pengadaan) adalah saat dimana harus benar-benar menarik seseorang (karyawan) yang sesuai dengan jabatan dan keahlian tersebut (minat dan bakat) sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan tercapai tujuan perusahaan

12.    Bagaimana proses pengadaan karyawan yang baik ?
a.       Peramalan kebutuhan tenaga kerja
b.      Penarikan (recruitment) ,bermanfaat untuk mendapat SDM potensial untuk mengisi lowongan (formasi)
c.       Seleksi (selection),berguna untuk mencari karyawan yang tepat demi tercapai tujuan organisasi,
d.      Penempatan, orientasi, & induksi karyawan

13.    Apa saja pokok-pokok bahasan utama dalam pengadaan karyawan ?
a.    Penentuan dasar penarikan.
b.    Penentuan sumber-sumber penarikan.
c.    Metode-metode penarikan.
d.   Kendala-kendala penarikan

14.    Jelaskan mengapa seleksi penerimaan pegawai baru sangat penting ?
Jawab : Seleksi perlu untuk dilakukan untuk  mengetahui minat dan bakat calon karyawan, sehingga tidak terjadi kesalahan penempatan kerja. Dan seleksi juga dapat memudah kan perusahaan dalam menarik karyawan sesuai bidang dan jabatan yang di butuhkan.

15.    Kenapa test psikologi penting dalam seleksi penerimaan karyawan ?
Jawab : Untuk mengukur atau menguji kepribadian atau temperamen calon karyawan baru dan untuk mengetahui bakat ,minat atau kecerdasannya, sehingga perusahan menemukan calon karyawan yang tepat untuk posisi yang diperlukan.

16.    Apakah pedoman yang dilakukan dalam pelaksanaan seleksi ?
Jawab : Spesifikasi pekerjaan merupakan pedoman dan dasar yang dilakukan dalam proses pelaksaan seleksi untuk mendapatkan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam mengisi suatu jabatan  atau posisi tertentu.

17.    Jelaskan korelasi seleksi dengan penempatan karyawan ?
Jawab : Seleksi dilakukan untuk memperoleh karyawan yang qualified & kompeten yang akan menjabat serta mengerjakan semua pekerjaan pada perusahaan sesuai dengan kemampuannya.
18.    Apa saja manfaat dilakukannya orientasi pegawai baru?
a.       Mengurangi perasaan diasingkan, kecemasan, dan kebimbangan pegawai.
b.      Dalam waktu yang singkat dapat merasa menjadi bagian dari organisasi.
c.       Program orientasi juga akan mempercepat proses sosialisasi

19.    Jelaskan pengertian induksi untuk karyawan baru ?
Jawab : Induksi adalah suatu proses mempernalkan seorang karyawan baru kepada situasi kerja dan kelompok kerja agar karyawan baru merasa nyaman ditempat kerjanya yang baru dan tumbuhkan perhatiannya terhadap pekerjaannya, bagiannya dan perusahaannya.
20.    Bagaimana pengaruh job specification terhadap jumlah lamaran yang diterima suatu    perusahaan?
Jawab : Pengaruh job specification yang dijadikan sebagai dasar pertimbangan perusahaan dalam menerima atau menyeleksi jumlah lamaran yang diterima perusahaan ialah  Lamaran yang akan diseleksi dan diproses untuk ke tahap selanjutnya yaitu yang sesuai dengan job specification perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar