SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN
NAMA : SAIROH
NPM : 16211557
KELAS : 3-EA27
TUGAS KE : 9
MATERI : Soal Quiz & Jawaban
DOSEN : Tomy Adi Sumiarso , SE
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
Segmentasi Pasar?
Jawab :
Segmentasi pasar adalah
membagi-bagi pasar suatu produk yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan
pasar yang bersifat homogen. Sedangkan pengertian pasar sendiri adalah terdiri
dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli
dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli.
2. Sebutkan 4 peran Segmentasi Pasar
dalam Marketing!
Jawab :
1)
Memungkinkan
kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan
kita.
2)
Mendapatkan
input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3)
Merupakan
basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4)
Faktor
kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang
berbeda.
3. Jelaskan apa yang dimakssud
dengan Segmentasi Pasar:
a)
Geografis
b)
Demografis
Jawab
:
a)
Segmentasi
geografi adalah pengelompokan yang dilakukan berdasarkan faktor geografinya,
seperti berdasarkan negara, wilayah,kota,desa.
b)
Segmentasi
demografi adalah pengelompokkan yang dilakukan berdasarkan variable usia,jenis
kelamin, dan pekerjaan.
4. Jelaskan Segmentasi Pasar
berdasarkan kepuasan!
Jawab :
Segmentasi Passar yang didasarkan
pada kepuasan konsumen yang terbagi menjadi 2 yaitu :
§
Kepuasan
Fungsional yang merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu
produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
§
Kepuasan
Psikologikal yang merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang
bersifat tidak berwujud. Misal :
Perasaan bangga karena mendapat pelayanan.
5. Sebutkan beberapa peran seseorang
dalam mempengaruhi sebuah keputusan membeli!
Jawab :
Peran seseorang dalam
mempengaruhi sebuah keputusan membeli :
§
Pencetus,
orang yang pertama kali mengusulkan gagasan untuk membeli produk atau jasa.
§
Pemberi
pengaruh, seseorang dengan pandangan atau saran yang mempengaruhi keputusan.
§
Pengambil
keputusan, seseorang yang memutuskan setiap komponen dari suatu keputusan
pembelian – apakah akan membeli atau tidak membeli.
§
Pembeli,
orang yang melakukan pembelian yang sesungguhnya.
§
Pemakai,
seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa yang
bersangkutan.
6. Sebutkan dan Jelaskan tahap-tahap
dalam proses keputusan pembeli!
Jawab :
1)
Pengenalan
masalah
Proses membeli dengan pengenalan
masalah atau kebutuhan pembeli menyadari
suatu perbedaan antara
keadaan yang sebenarnya
dan keadaan yang diinginkanya.
2)
Pencarian
informasi
Konsumen mungkin
tidak berusaha secara
aktif dalam mencari
informasi sehubungan
dengan kebutuhannya.
3)
Evaluasi
alternatif
Informasi yang
didapat dari calon
pembeli digunakan untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas
mengenai alternatif-alternatif yang dihadapinya serta daya tarik masing-masing
alternatif.
4)
Keputusan
pembelian
Produsen harus memahami bahwa
konsumen mempunyai cara sendiri dalam menangani informasi yang diperolehnya
dengan membatasi alternatif-alternatif
yang harus dipilih
atau dievaluasi untuk menentukan produk mana yang akan
dibeli.
5)
Perilaku
setelah pembelian
Apabila barang
yang dibeli tidak
memberikan kepuasan yang diharapkan, maka pembeli akan merubah
sikapnya terhadap merek barang tersebut menjadi sikap negatif, bahkan mungkin
akan menolak dari daftar pilihan.
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
pengetahuan pembeli!
Jawab :
Pengetahuan Pembeli mencakupi
bermacam potongan informasi yang dimiliki konsumen yang berhubungan erat dengan
pemerolehan produk. Dimensi dasar dari pengetahuan pembelian (purchase
knowledge) melibatkan informasi berkenaan dengan keputusan tentang dimana
produk tersebut harus dibeli dan kapan
pembelian harus terjadi.
8. Sebutkan 8 fungsi sikap konsumen!
Jawab :
Sikap mempunyai fungsi sebagai
berikut :
1)
Fungsi
Penyesuaian
Fungsi
ini mengarahkan manusia menuju obyek yang menyenangkan atau menjauhi obyek yang
tidak menyenangkan. Hal ini mendukung konsep utilitarian mengenai maksimasi
hadiah atau penghargaan dan minimisasi hukuman.
2)
Fungsi
Pertahanan Diri
Sikap
dibentuk untuk melindungi ego atau citra diri terhadap ancaman serta membantu
untuk memenuhi suatu fungsi dalam mempertahankan diri.
3)
Fungsi
Ekspresi Nilai
Sikap
ini mengekspresikan nilai-nilai tertentu dalam suatu usaha untuk menerjemahkan
nilai-nilai tersebut ke dalam sesuatu yang lebih nyata dan lebih mudah
ditampakkan.
4)
Fungsi
Pengetahuan
Manusia
membutuhkan suatu dunia yang mempunyai susunan teratur rapi, oleh karena itu
mereka mencari konsistensi, stabilitas, definisi dan pemahaman dari suatu
kebutuhan yang selanjutnya berkembanglah sikap ke arah pencarian pengetahuan.
5)
Fungsi
Utilitarian
Mengacu
pada ide bahwa orang mengekpresikan perasaan untuk memaksimalkan hukuman yang
mereka terima dari orang lain.
6)
Fungsi
pembelaan ego
Fungsi
sikap sebagai pembela ego adalah melindungi orang dari kebenaran mendasar
tentang diri sendiri atau dari kenyataan kekejaman dunia luar.
7)
Fungsi
pembelaan ego atau fungsi pertahanan harga diri
Adalah
mekanisme pembelaan orang fanatik yang tidak mau mengakui kegelisahan diri
mereka yang paling mendasar.
8)
Fungsi
nilai ekspresif/fungsi identitas social
Mengacu
pada bagaimana seseorang mengekpresikan nilai sentral mereka kepada orang lain
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
Sumber Daya Temporal / Sementara!
Jawab :
-
Sumber
Daya Temporal – Waktu
Waktu
menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena,
konsumen semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu
bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu
senggang. Produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut
barang waktu (time goods).
§
Barang
yang Menggunakan Waktu
Produk
yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya.
§
Barang
Penghemat Waktu Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan
waktu leluasa mereka.
-
SumberDaya
Sementara
§
Barang
yang Menggunakan Waktu
Produk
yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya.
§
Barang
Penghemat Waktu
Produk
yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
10. Jelaskan pengertian Perilaku
Konsumen menurut :
a)
John
C. Mowen dan Michael Minor
b)
Engel,
Blackwell & Miniard
Jawab
:
a)
Menurut
John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi
tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan
perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
b)
Menurut
Engel, Blackwell dan Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
11. Sebutkan dan jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen!
Jawab :
1. Faktor Sosial
a)
Grup
Sikap
dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil. Kelompok dimana
orang tersebut berada yang mempunyai pengaruh langsung disebut membership
group.
b)
Pengaruh
Keluarga
Keluarga
memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian. Para pelaku pasar
telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian
produk dan servis yang berbeda.
c)
Peran
dan Status
Seseorang
memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, perkumpulan-perkumpulan,
organisasi. Sebuah role terdiri dari aktivitas yang diharapkan pada seseorang
untuk dilakukan sesuai dengan orang-orang di sekitarnya.
2. Faktor Personal
a)
Situasi
Ekonomi
Keadaan
ekonomi seseorang akan mempengaruhi pilihan produk, contohnya rolex diposisikan
konsumen kelas atas sedangkan timex dimaksudkan untuk konsumen menengah.
b)
Gaya
Hidup
Pola
kehidupan seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan, dan opini
orang tersebut.
c)
Kepribadian
dan Konsep Diri
Personality
adalah karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan
respon terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri.
d)
Umur
dan Siklus Hidup
Orang-orang
merubah barang dan jasa yang dibeli seiring dengan siklus kehidupannya. Rasa
makanan, baju-baju, perabot, dan rekreasi seringkali berhubungan dengan umur,
membeli juga dibentuk oleh family life cycle.
e)
Pekerjaan
Pekerjaan
seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibeli. Contohnya, pekerja
konstruksi sering membeli makan siang dari catering yang datang ke tempat
kerja.
3. Faktor Psikologi
a)
Motivasi
Kebutuhan
yang mendesak untuk mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari
kebutuhan. Berdasarkan teori Maslow, seseorang dikendalikan oleh suatu
kebutuhan pada suatu waktu.
b)
Persepsi
Persepsi
adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasi, dan menerjemahkan
informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia.
c)
Pembelajaran
Pembelajaran
adalah suatu proses, yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari
informasi terbaru yang diterima..
d)
Beliefs
and Attitude
Beliefs
adalah pemikiran deskriptif bahwa seseorang mempercayai sesuatu. Beliefs dapat
didasarkan pada pengetahuan asli, opini, dan iman.
4. Faktor Kebudayaan
Nilai-nilai
dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari seseorang melalui
keluarga dan lembaga penting lainnya.
a)
Subkultur
Sekelompok
orang yang berbagi sistem nilai berdasarkan persamaan pengalaman hidup dan
keadaan, seperti kebangsaan, agama, dan daerah.
b)
Kelas
Sosial
Pengelompokkan
individu berdasarkan kesamaan nilai, minat, dan perilaku. Kelompok sosial tidak
hanya ditentukan oleh satu faktor saja misalnya pendapatan, tetapi ditentukan
juga oleh pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan lainnya.
12. Sebutkan 5 tinggi rendahnya
status seseorang menurut Talcott Person!
Jawab :
Talcott Parsons menyebutkan lima
kriteria tinggi rendahnya status seseorang, yaitu:
1)
Kriteria
kelahiran: meliputi faktor ras, jenis kelamin, kebangsawanan, dan sebagainya.
2)
Kriteria
kualitas pribadi : meliputi kebijakan, kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia
dan sebagainya.
3)
Kriteria
prestasi : meliputi kesuksesan usaha, pangkat dalam pekerjaan, prestasi
belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
4)
Kriteria
pemilikan: meliputi kekayaan akan uang dan harta benda.
5)
Kriteria
otoritas : yaitu kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain
tersebut bertindak seperti yang diinginkan.
13. Jelaskan pengukuran kelas sosial
menurut :
a)
Aristoteles
b)
Karl
Max
Jawab :
1.
Aristoteles
Aristoteles
membagi masyarakat secara ekonomi menjadi kelas atau golongan:
• Golongan sangat kaya
• Golongan kaya
• Golongan miskin.
Aristoteles
menggambarkan ketiga kelas tersebut seperti piramida:
-
Golongan
pertama : merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat. Mereka terdiri dari
pengusaha, tuan tanah dan bangsawan.
-
Golongan
kedua : merupakan golongan yang cukup banyak terdapat di dalam masyarakat.
Mereka terdiri dari para pedagang, dsbnya.
-
Golongan
ketiga : merupakan golongan terbanyak dalam masyarakat. Mereka kebanyakan
rakyat biasa.
2.
Karl
Marx juga membagi masyarakat menjadi tiga golongan, yakni:
-
Golongan
kapitalis atau borjuis : adalah mereka yang menguasai tanah dan alat produksi.
-
Golongan
menengah : terdiri dari para pegawai pemerintah.
-
Golongan
proletar : adalah mereka yang tidak memiliki tanah dan alat produksi. Termasuk
didalamnya adalah kaum buruh atau pekerja pabrik.
Menurut
Karl Marx golongan menengah cenderung dimasukkan ke golongan kapatalis karena
dalam kenyataannya golongan ini adalah pembela setia kaum kapitalis.
14. Jelaskan pembagian kelas sosial
berdasarkan status sosial, dan berikan contohnya!
Jawab :
Kelas sosial timbul karena adanya
perbedaan dalam penghormatan dan status sosialnya. Misalnya, seorang anggota
masyarakat dipandang terhormat karena memiliki status sosial yang tinggi, dan
seorang anggota masyarakat dipandang rendah karena memiliki status sosial yang
rendah.
Contoh : Pada masyarakat Bali,
masyarakatnya dibagi dalam empat kasta, yakni Brahmana, Satria, Waisya dan
Sudra. Ketiga kasta pertama disebut Triwangsa. Kasta keempat disebut Jaba.
Sebagai tanda pengenalannya dapat kita temukan dari gelar seseorang. Gelar Ida
Bagus dipakai oleh kasta Brahmana, gelar cokorda, Dewa, Ngakan dipakai oleh
kasta Satria. Gelar Bagus, I Gusti dan Gusti dipakai oleh kasta Waisya,
sedangkan gelar Pande, Khon, Pasek dipakai oleh kasta Sudra.
15. Apa yang dimaksud pengaruh
individu terhadap perilaku konsumen?
Jawab :
Setiap individu yang satu dengan
individu yang lain dalam mengkonsumsi suatu barang dan jasa pasti berbeda.
Tetapi ada kalanya seorang individu dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa
dipengaruhi oleh individu lain sehingga individu tersebut mengikuti individu
yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, pengaruh individu sangat menentukan
dalam perilaku konsumsi. Konsumen yang selektif akan aktif melibatkan diri
mereka dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Hal ini dapat menghindari
resiko yang dapat ditimbulkan oleh produk. Jika tingkat keterlibatan tinggi
secara pribadi maka konsumen tersebut sebagai pemimpin opini.
16. Sebutkan dan Jelaskan 5 peranan
dalam Pengambilan Keputusan Konsumsi Keluarga!
Jawab :
1.
Penjaga
pintu (gatekeeper). Inisiator pemikiran keluarga mengenai pembelian produk dan
pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan.
2.
Pemberi
pengaruh (influencer). Individu yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria
yang harus digunakan oleh keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana
yang paling mungkin cocok dengan kriteria evaluasi itu.
3.
Pengambil
keputusan (decider). Orang dengan wewenang atau kekuasaan keuangan untuk
memilih bagaimana uang keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek apa
yang yang akan dipilih.
4.
Pembeli
(buyer). Orang yang bertindak sebagai agen pembelian yang mengunjungi toko,
menghubungi penyuplai, menulis cek, membawa produk kerumah, dan seterusnya.
5.
Pemakai
(user). Orang yang menggunakan produk.
17. Sebutkan 3 faktor Situasi
Konsumen!
Jawab :
1.
Situasi
Komunikasi
Situasi Komunikasi adalah suasana
atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi.
Komunikasi yg dilakukan bisa bersifat pribadi atau nonpribadi.
2.
Situasi
Pembelian
Situasi Pembelian adalah
lingkungan atau suasana yang dialami / dihadapi konsumen ketika membeli produk
dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembelian.
3.
Situasi
Pemakaian
Misal: konsumen muslim sering
memakai kopiah dan pakaian takwa pada saat shalat atau pada acara keagamaan.
Kebaya akan dipakai kaum wanita pada acara pernikahan atau acara resmi lainya,
dan jarang digunakan untuk pergi bekerja.
18. Jelaskan pengertian Konsumen
menurut Philip Kottler!
Jawab :
Menurut Philip Kotler “Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau
kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap
kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya”. Dalam konsep
kepuasan pelanggan, terdapat dua elemen yang mempengaruhi yaitu harapan dan
kinerja. Kinerja adalah persepsi konsumen terhadap apa yang ia terima setelah
mengkonsumsi produk. Harapan adalah pikiran konsumen tentang apa yang akan
diterimanya apabila ia mengkonsumsi produk.
19. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
Sikap, Motivasi dan Konsep diri!
Jawab :
-
Sikap
menjelaskan suatu organisasi dari motivasi, perasaan emosional, persepsi dan
proses kognitif kepada suatu aspek. Lebih lanjut sikap adalah cara kita
berpikir, merasa dan bertindak melalui aspek di lingkungan. Sikap menuntun
orang untuk berperilaku relatif konsisten terhadap objek yang sama.
-
Motivasi
adalah kecenderungan (suatu sifat yang merupakan pokok pertentangan) dalam diri
sesoerang yang membangkitkan topangan dan tindakan. Motivasi meliputi factor
kebutuhan biologis dan emosional yang hanya dapat diduga dari pengamatan
tingkah laku manusia.
-
Konsep
Diri semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu
tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain
(Stuart dan Sudeen, 1998). Hal ini temasuk persepsi individu akan sifat dan
kemampuannya, interaksi dengan orang lain dan lingkungan, nilai-nilai yang
berkaitan dengan pengalaman dan objek, tujuan serta keinginannya. Sedangkan
menurut Beck, Willian dan Rawlin (1986) menyatakan bahwa konsep diri adalah
cara individu memandang dirinya secara utuh, baik fisikal, emosional
intelektual , sosial dan spiritual.
20. Apa yang dimaksud Pengaruh
Kebudayaan terhadap Perilaku Konsumen?
Jawab :
Dalam kaitannya dengan perilaku
konsumen, budaya dapat didefinisikan sebagai sejumlah total dari beliefs,
values, dan customs yang dipelajari yang ditujukan pada perilaku konsumen dari
anggota masyarakat tertentu. Labih luas lagi, baik values maupun beliefs
merupakan konstruk mental yang mempengaruhi sikap yang kemudian berpengaruh
terhadap kecenderungan seseorang untuk bertindak terhadap perilaku
tertentu.Misalnya: seorang konsumen memilih antara mobil Volvo dan Jaguar.
Ketika memilih, dia akan menggunakan values dan beliefs yang berupa persepsi
terhadap kualitas yang akan didapat dan persepsi mengenai negara penghasil
mobil itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar